Minggu, 21 Februari 2016

Pengenalan alat dan mesin pemanen padi




LAPORAN DISKUSI KELOMPOK.5
TUGAS.6
PENGANTAR TEKNOLOGI PERTANIAN
PENGENALAN ALAT DAN MESIN PEMANEN PADI


OLEH:      
1.MAHYUDDIN(1527041021)
2.HERMAWATI(1527041022)
3.SAENAL(1527042001)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
SEPTEMBER 2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Sejalan  dengan  perkembangan  teknologi  dan  pemikiran-pemikiran manusia  dari jaman ke jaman, cara pemungutan hasil (panen) pertanian pun tahap demi  tahap berkembang sesuai dengan  tuntutan kebutuhan. Tuntutan kebutuhan  manusia  akan  pakan  mendesak  pemikir  untuk memecahkan masalah-masalah bagaiman meningkatkan produksi, meningkatkan produksi kerja sesuai dengan waktu yang tersedia.
Dalam  meningkatkan  produksi,  salah  satu  aspek  yang  harus  ditekan serendah  mungkin  adalah  masalah  kehilangan  produksi  diwaktu  panen. Sedangkan  dalam meningkatkan  kemampuan  kerja  adalah  bagaimana menekan  waktu  yang  dibutuhkan  dalam menanam  dalam  satuan  luas tertentu.  Ini  bertujuan  agar  dalam waktu  yang  cepat  dapat memungut  hasil yang  optimum  dengan  kehilangan  produksi  serendah mungkin  dan  efisiensi kerja serendah mungkin.
Alat  dan  mesin  panen  terdiri  dari  banyak  macam  dan  jenisnya  yang digolongkan menurut jenis tanaman dan tenaga penggerak, juga menurut caratradisional  maupun  semi-mekanis sampai  yang  modern.  Menurut  jenis tanaman,  alat  dan  mesin  panen  digolongkan  untuk  hasil tanaman  yang berupa  biji-bijian,  tebu,  rumput-rumputan,  kapas  dan  umbi-umbian. Sedangkan untuk hasil tanaman yang berupa biji-bijian dibagi jenisnya untuk padi, jagung, kacang-kacangan.
B.   Tujuan
            Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui jenis-jenis alat dan mesin pertanian, serta mengenal dan mengetahui bagian-bagian penting dari alat dan mesin pemanen padi dan fungsinya serta mengetahui cara penggunaan yang benar sekaligus penyebab gejala kerusakannya.

C.   Manfaat
           Memperkenalkan kepada mahasiswa pertanian tentang bagaimana menerapkan pertanian yang modern yaitu pertanian yang menggunakan berbagai peralatan yang memudahkan didalam pengerjaan pertanian terutama pada pemanenan padi.


BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengenalan Alat dan Mesin Pertanian Teknologi Rendah atau Tradisional (Kemampuan Rendah)
Ani-ani adalah pisau pemotong padi yang terbuat dari kayu dan bambu yang saling menyilang dengan pisau kecil yang ditancapkan pada bagian muka kayu yang digunakan untuk memanen padi.
1.      Gambar Alat dan Mesin (Ani-Ani)
 


                                                     
2.      Bagian-Bagian Utama dan Fungsi Alat dan Mesin
Alat ini terdiri atas pegangan yang terbuat dari bambu dan mata pemotong yang terbuat dari besi yag digunakan untuk memotong helaian tangkai padi.
3.    Spesifikasi Alat dan Mesin
1.   
Ukuran pegangan yang terbuat dari bambu : 10 - 20cm
2.    Tebal mata pemotong     : 1,5 - 3mm
4.      Cara Kerja atau Pengoperasian Alat dan Mesin
Alat ini digunakan dengan cara, mata pisau ditekan pada malai padi yang akan di potong, kemudian tempatkan malai padi diantara jari telunjuk dan jari manis tangan kanan. dengan kedua jari tersebut, tarik malai padi kearah pisau sehingga malai terpotong.
5.      Cara Merawat Alat dan Mesin
Setelah alat selesai digunakan, bersihkan alat dengan cara mencuci dengan air bersih. Keringkan alat dengan lap atau dijemur dibawah sinar matahari, kemudian simpan pada tempat yang aman.
B.  Pengenalan Alat dan Mesin Pertanian Teknologi Sedang (Kemampuan Sedang)
Sabit adalah satu alat bantu pertanian sejenis pisau berbentuk melengkung yang digunakan untuk memotong berbagai jenis tumbuhan, rumput-rumputan, padi, jagung bahkan alat ini biasa digunakan untuk memotong kayu.
1.        Gambar Alat dan Mesin (Sabit)
 


                                                     

2.        Bagian-Bagian Utama dan Fungsi Alat dan Mesin
Alat ini terdiri atas pegangan yang terbuat dari kayu dan mata sabit yang terbuat dari besi yang digunakan sebagai pengait tangkai padi pada proses pemanenan.
3.        Spesifikasi Alat dan Mesin
1. Ukuran gagang berdiameter      : 2 cm
2. Panjang gagang                            : 15 cm
3. Mata sabit sisinya bergerigi antara 12-16 gerigi   sepanjang 1 inci.
4.      Cara Kerja atau Pengoperasian Alat dan Mesin
Cara penggunaan alat ini yaitu tempatkan mata sabit pada bagian bawah tengah atau atas (tergantung cara perontokannya) dan tarik sabit tersebut dengan tangan kanan hingga jerami terputus.
5.      Cara Merawat Alat dan Mesin
Setelah alat selesai digunakan, bersihkan alat dengan cara mencuci dengan air bersih. Keringkan alat dengan lap atau dijemur dibawah sinar matahari, kemudian simpan pada tempat yang aman.

C.  Pengenalan Alat dan Mesin Pertanian Teknologi Tinggi atau Modern (Kemampuan Tinggi)
Reaper merupakan mesin pemanen untuk memotong padi sangat cepat. 
1.      Gambar Alat dan Mesin (Reaper)
 



2.      Bagian-Bagian Utama dan Fungsi Alat dan Mesin
1.      Motor bakar : Jenis motor bakar yang digunakan biasanya motor bakar bensin karena kebutuhan tenaganya tidak terlalu besar, yaitu 3-5 Daya kuda.
2.      Tangan Pengait : Tangan pengait bekerja secara otomatis, fungsinya adalah untuk mengait/menarik batang padi kearah pisau pemotong.
3.      Pisau pemotong : Pisau pemotong pada umumnya berupa pisau berputar dan berbentuk lingkaran dimana tepinya bergerigi (seperti gergaji) tajam.
Penajaman pisau pemotong perlu dilakukan bila sudah bekerja sekitar 300-
600 jam kerja memotong.
4.      Pelempar otomatis : Bagian ini tugasnya melempar sejumlah padi yang terpotong dari tempat pengumpulan.Proses pelemparan berjalan secara otomatis setelah padi yang terpotong terkumpul pada ukuran tertentu.
5.      Roda : Berfungsi untuk menjalankan atau menggerakkan alat ini.

3.      Spesifikasi Alat dan Mesin
1.      Jangkauan potong: lebar 50 cm, tinggi ≤ 100 cm
2.      Tangki : 5.5 liter
3.      Full belt dan gear box
4.      Tali rafia : panjang 1200 m/roll berat 1.4 kg, sekali ikat 38-40cm
5.      Dimensi : 205x80x105 cm
6.      Kapasitas panen: 0.2-0.6 hektar/jam Berat : 220 kg.

4.      Cara Kerja atau Pengoperasian Alat dan Mesin
        Sebelum mengoprasikan mesin reaper ini, terlebih dahulu potong/panen padi dengan sabit pada keempat sudut petakan sawah dengan ukuran kurang lebih 1m x 2m sebagai tempat berputarnya mesin reaper. Sebelum mesin di arahkan mesin pada tanaman padi yang akan dipanen yang di mulai dari sisi seblah kanan petakan. Pemotongan dilakukan sekaligus 2 baris tanaman dan akan terlempar satu tertumpuk di sebelah kanan mesin tersebut. Panen dilakukan dengan cara berkeliling dan selesai di tengah petakan.

5.      Cara Merawat Alat dan Mesin
Dalam melakukan perawatan terhadap alat ini hendaknya dicuci dan dibersihkan lalu disimpan ditempat yang aman, kemudian pada bagian yang mudah mengalami pengaratan diolesi pelumas.










BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Didalam makalah ini kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa untuk lebih mempermudah pekerjaan dalam kegiatan pertanian sangat diperlukan hadirnya alat bantu seperti ani-ani, sabit, dan mesin reaper untuk dapat memanen padi agar lebih bagus, dan tenaga yang dihasilkan juga cukup besar. Jadi dengan adanya peralatan tersebut kegiatan petani bisa lebih mudah, efisien, dan maksimal.

B.       Saran
Untuk para petani supaya mau menerima inovasi baru tersebut, meskipun biayanya tidak sedikit, akan tetapi hasil yang diterima juga sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.











DAFTAR PUSTAKA
http://shafwandi08.blogspot.com/2011/06/mesin-mesin-pasca-panen.html
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0CDYQFjAD&url=http%3A%2F%2Fmekanisasi.litbang.pertanian.go.id%2Find%2Fphocadownload%2FArtikel%2FBuku_alat_dan_mesin_panen_padi_di_indonesia.pdf&ei=E_dtVI-GLI-eugS9moHgCg&usg=AFQjCNH7A-xj8FwHl7uxZIxV7ds78-y1BA&bvm=bv.80120444,d.c2E



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPS Kembali Laksanakan SAINS Semester Genap

Hari ini (10/03/2019) Badan Pelaksana SAINS (BPS) kembali melaksanakan Pembukaan Studi Al-Qur'an Intensif di Masjid Ulil Al...